Sudah Tahu 5 Tips Marketing Lending Agar Bisnis Perbankan Sukses?

Menjadi seorang pebisnis dan pelaku marketing yang sukses, dibutuhkan strategi pemasaran dan kekuatan mental yang luar biasa. Terlebih dalam bidang marketing perbankan, yang berkaitan dengan pengadaan dana atau pinjaman untuk keperluan pengembangan bisnis. Untuk mengetahui sejumlah strategi marketing lending atau penyalur dana kredit bank kepada nasabah, yuk simak tips sukses mencuri hati nasabah berikut ini!

5 Tips Lending Marketing Untuk Kredit Perbankan

1. Sebar brosur di lokasi yang tepat sasaran

Cara pemasaran konvensional dengan menyebar brosur ini, masih diyakini menjadi teknik marketing yang cukup ampuh. Brosur yang berisi detil informasi tentang jasa atau produk, umumnya dibagikan kepada target pasar di tempat tempat yang menjadi pusat keramaian. Namun perlu diingat bahwa anda harus menentukan lokasi yang tepat, sehingga promosi yang anda lakukan tepat sasaran.

Sudah Tahu 5 Tips Marketing Lending Agar Bisnis Perbankan Sukses

Sebarkan brosur kredit pendanaan bisnis ini di pusat perbelanjaan, sentra kuliner, perkantoran, atau tempat keramaian lainnya yang terdapat banyak orang dewasa sebagai target klien anda. Cantumkan nomor atau alamat yang mudah dihubungi, agar masyarakat bisa mengetahui info lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan. Jika memungkinkan, ajak sejumlah klien atau mendengarkan sedikit penjelasan terkait info yang tertera pada brosur.

2. Kenali product knowledge dan sistem perbankan perusahaan

Segala informasi yang dicantumkan pada brosur atau flyer, belum tentu bisa dicerna seutuhnya oleh sejumlah calon klien atau nasabah. Maka seorang lending marketer harus memahami product knowledge dengan sebaik baiknya. Anda harus benar benar mengetahui sistem perusahaan, mulai dari jenis pinjaman, besaran bunga, lama angsuran, agunan yang menjadi syarat utama, cara pencairan dana, dan lain sebagainya. Calon nasabah pasti akan menanyakan informasi tersebut pada anda.

3. Atur jadwal dan manajemen waktu di lapangan

Jam kerja tim marketing lending pada umumnya adalah antara jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Pada rentang waktu tersebut, anda harus melakukan banyak kegiatan misalnya menemui calon nasabah, mem-follow up potential client, dan lain lain. Manfaatkan waktu tersebut sebaik baiknya, kemudian luangkan 30 hingga 45 menit untuk mengevaluasi tugas dan menyusun agenda untuk hari berikutnya.

4. Buat citra positif di mata calon nasabah

Menjadi seorang marketingtentu mengharuskan anda berpenampilan menarik dan sopan, untuk membangun citra positif masyarakat pada pribadi dan perusahaan anda. First impression atau kesan pertama saat bertemu calon klien, adalah penampilan yang mampu membius perhatian dan mencuri simpati. Penampilan yang rapi, menarik, dan juga sopan, akan menciptakan tanggapan positif publik terhadap perusahaan dan produk yang anda presentasikan.

Sudah Tahu 5 Tips Marketing Lending Agar Bisnis Perbankan

5. Pantang menyerah dan bermental baja

Tidak ada pekerjaan yang tidak mempunyai tantangan, begitu juga dengan profesi sebagai lending marketer. Sebagian besar tokoh bisnis yang sukses, mengawali karier mereka dari profesi marketing yang secara tidak langsung membentuk karakter mereka menjadi individu yang super tangguh. Sebagai seorang marketing, anda akan menemui beragam karakter orang di lapangan yang kesemuanya harus mampu anda pahami.

Meski beban target seorang marketing di dunia perbankan terbilang cukup berat, tantangan ini sebaiknya menjadi cambuk untuk memotivasi performa anda. Pahami keinginan dan masalah yang dihadapi calon nasabah, yang berpotensi membutuhkan dana pinjaman atau kredit dari bank tempat anda bekerja. Jangan lupa untuk selalu mem-follow up calon nasabah sesegera mungkin, dengan melakukan pendekatan personal yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *