Sudah Tahu Apa Itu Pengembalian Premi Asuransi? Yuk Cek Disini

Ketika mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan dan kamu tidak pernah mengkalim sama sekali, pasti kamu bertanya-tanya apakah uang yang kamu bayarkan dapat kembali?. Ternyata ada syarat dan ketentuan yang mengatur tentang pengembalian premi asuransi yang wajib untuk kamu ketahui.

Setiap perusahaan memiliki cara perhitungan yang sama dalam hal pengembalian premi, Yang membedakan adalah presentase atau besar kecilnya jumlah yang diberikan oleh perusahaan dalam mengembalikan premi yang telah dibayarkan oleh nasabah. Karena itu penting bagi kamu untuk membandingkan berbagai produk asuransi dan mengetahui syarat dan ketentuannya

Apa Itu Pengembalian Premi?

Pengembalian premi adalah pengembalian yang bisa didapatkan nasabah atas premi yang telah dibayarkan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Apakah ini artinya uang yang telah kamu bayarkan akan kembali dengan jumlah yang sama? Jawabannya adalah tidak. Karena banyak orang salah memahami bahwa sebenarnya asuransi adalah produk proteksi (jaminan perlindungan) bukan produk investasi.

Sudah Tahu Apa Itu Pengembalian Premi Asuransi Yuk Cek Disini itu

Namun sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa asuransi adalah bentuk investasi. Sehingga ketika nasabah meminta pengembalian premi, kemudian pengembalian tersebut hangus padahal tidak pernah mengklaim, maka nasabah akan merasa dirugikan. Tetapi kalau bisa dikembalikan, itu pun ada aturan yang harus dipenuhi dan presentasenya pun berbeda. Pengembalian ini biasa disebut dengan fasilitas no claim bonus

Produk Asuransi Yang memiliki Program Pengembalian Premi

Besaran yang diterima dalam hal pengembalian premi, bergantung dari fitur masing-masing produk. Tidak semua produk memiliki fitur pengembalian premi, kamu hanya perlu membandingkan dan mengetahui syarat dan ketentuan yang sudah diatur oleh pihak perusahaan asuransi

Seperti contohnya yaitu Allianz MediCare, produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan di bidang kesehatan. Dengan memberikan santunan secara langsung dengan nominal atau jumlah tertentu yang sudah disesuaikan dengan premi yang dibayarkan. Produk asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh Allianz ini memiliki program no claim bonus seesar 25 persen. Untuk mendapatkan pengembalian premi tersebut, kamu tidak boleh mengklaim atau tidak pernah mengklaim apapun selama 1 tahun polis.

Selain Allianz Medicare, ada juga produk asuransi kesehatan yang memiliki no claim bonus atas kecelakaan sebesar 25 persen dari premi yang telah dibayarkan. Yaitu produk asuransi kesehatan dari Cigna Excecutive Protection dari PT Asuransi Cigna. Dimana no claim bonus ini dapat diambil dengan syarat yaitu tidak pernah melakukan klaim selama jangka waktu 2 tahun polis.

Selain asuransi jiwa dan kesehatan, fasilitas no claim bonus ini juga ada pada asuransi kendaraan. Asuransi Mobil Garda Oto dari Asuransi Astra memberikan potongan pembayaran sebesar 7,5 persen untuk Garda Oto konvensional dan 5 persen plus bagi hasil untuk Garda Oto Syariah. Potongan ini bisa kamu dapatkan jika kamu tidak mengklaim apapun pada periode sebelumnya.

Selain itu Optima Predica yang mengeluarkan produk asuransi individu apabila nasabah mendapat perawatan di rumah sakit, akan diberikan santunan secara harian. Produk asuransi ini memiliki presentase pengembalian premi lebih besar yaitu 50 % dari total premi yang telah dibayarkan apabila terjadi klaim. Sedangkan jika tidak pernah terjadi klaim, pengembalian premi asuransi bisa sampai angka sebesar 75 persen dari total premi yang sudah dibayarkan.

Seperti yang sudah dijelaskan, tidak semua produk asuransi memiliki fasilitas no claim bonus atau pengembalian premi. Jika kamu tidak ingin merasa dirugikan dengan sistem asuransi, lebih baik menabung sendiri yang dapat mempunyai manfaat yang jauh lebih baik. Asalkan kamu dapat mengatur dan mengelola uangmu dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *