Sudah Tahu Strategi 4P Marketing dan Cara Penerapannya?

Strategi pemasaran yang efektif merupakan faktor esensialyang harus diperhatikan oleh pelaku usaha, agar produk dan jasanya tepat sasaran dan mendapatkan profit. Dengan pengaplikasian strategi pemasaran yang baik, bisnis anda akan lebih maju dan terus berkembang. Salah satunya dengan menggunakan alat pemasaran taktis 4p marketing. Apa saja strateginya dan bagaimana cara penerapannya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

Mengenal Strategi Pemasaran 4P dan Cara Penerapannya

1. Product (produk atau jasa)

Ketika menentukan produk bisnis, anda tentu sudah melakukan riset mengenai kebutuhan pasar yang bisa anda jadikan sebagai produk andalan. Anda harus bisa menawarkan produk atau jasa yang diperlukan dan diterima dengan baik oleh masyarakat, terutama target konsumen. Jika produk anda sudah cukup dikenal, buatlah mintalah review, saran, dan kritik dari konsumen sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan kualitas.

Sudah Tahu Strategi 4P Marketing dan Cara

Untuk pelaku usaha yang tengah mengembangkan ide produk dan jasa, kumpulkan informasi mengenai produk atau jasa yang mungkin menjadi kompetitor anda. Kenali produk produk kompetitor dan pelajari bagaimana anda bisa memuaskan pasar, dengan menyuguhkan produk serupa yang kualitasnya jauh lebih baik.

2. Place (tempat)

Memilih lokasi yang strategis untuk memasarkan produk atau jasa dari usaha anda, merupakan salah satu penentu kelangsungan bisnis yang anda jalankan. Lokasi yang tidak tepat sasaran tidak akan membawa pengaruh apapun pada bisnis anda. Maka anda harus mencari tempat tempat yang menjadi pusat keramaian atau tempat berkumpulnya target konsumen yang diinginkan, sehingga mereka lebih mudah menemukan produk yang anda tawarkan.

Jika anda berjualan makanan ringan misalnya, maka anda bisa membawa produk snack ini ke pusat pusat perbelanjaan, sekolah, atau tempat tempat keramaian yang memungkinkan anak anak melihatnya. Begitu juga jika anda menjalankan usaha tempat pelatihan atau kursus, pilihlah lokasi yang berdekatan dengan sekolah, kampus, pemukiman, kafe, atau tempat yang banyak dilalui orang.

3. Price (harga)

Kebanyakan konsumen akan memilih produk dengan harga yang lebih murah, dibandingkan produk sejenis yang harganya lebih tinggi. Lalu bagaimana cara menentukan harga yang tepat untuk produk bisnis anda, agar konsumen tertarik membeli? Yang perlu dilakukan untuk menentukan harga adalah melakukan riset produk kompetitor. Pahami harga produk serupa yang ada di pasar, agar anda bisa menetapkan harga masuk akal.

Selain itu anda juga harus melakukan sejumlah perhitungan, diantaranya menghitung biaya modal usaha, bahan baku, profit yang diinginkan, dan lain lain. Ada beberapa metode pricing yang bisa anda gunakan, agar mendapatkan harga jual yang pantas untuk produk anda. Perlu diingat bahwa tujuan menjalankan sebuah usaha bukan hanya untuk mencari keuntungan, namun juga memberikan produk produk terbaik kepada customer.

Sudah Tahu Strategi 4P Marketing dan Cara Penerapannya

4. Promotion (promosi)

Strategi berikutnya yang menjadi ujung tombak 4p marketing adalah mengenalkan produk atau jasa bisnis anda kepada masyarakat, khususnya target pasar anda. Di era millenial yang serba canggih ini, anda harus bisa memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk misalnya melakukan promosi melalui media sosial. Anda juga bisa memasang iklan, mengikuti pameran atau bazar, melakukan kerja sama sponsorship, dan lain sebagainya.

Menerapkan strategi marketing dengan panduan 4P tersebut, akan memudahkan anda untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang anda miliki. Jika bisnis yang anda jalankan sudah berlangsung cukup lama, anda bisa mulai melakukan inovasi inovasi produk, namun dengan tetap memperhatikan poin poin esensial strategi pemasaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *