Sudah Tahu Syarat Pembuatan Visa Belanda?

Jika kamu akan pergi ke Belanda, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mengurus visa. Hal ini tentu saja merupakan syarat yang wajib dipenuhi agar anda mampu menjelajahi negara kincir angin tersebut. Pertama, kamu diharuskan untuk membuat visa Schengen yang bisa kamu buat di kedutaan Belanda. Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai syarat pembuatan visa Belanda yang harus anda penuhi. Berikut simak ulasannya,

Persyaratan Yang Harus Dilengkapi Untuk Membuat Visa Belanda

1. Menyiapkan Paspor Dan Juga Pas Foto

Hal pertama yang tentunya harus kamu siapkan adalah paspor dan fotokopiannya. Untuk paspor sendiri, minimal harus berlaku setidaknya 3 bulan dari saat keluar dari wilayah Schengen. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan pas foto ukuran 3,5 x 4,5 cm dengan berlatar background putih. Dimana foto tersebut haruslah menunjukkan telinga dan usahakan untuk tersenyum.

2. Membayar Visa

Setelah paspor dan pas foto telah dipersiapkan, kamu pun bisa melanjutkan syarat pembuatan visa Belanda yakni dengan membayar visa. Untuk harganya sendiri berkisar sebesar 60 euro untuk orang yang berusia diatas 12 tahun yang dibayarkan dalam bentuk rupiah. Untuk usia 6 hingga 12 tahun, akan dikenakan biaya sebesar 35 euro yang juga harus dibayarkan dalam jumlah rupiah. Jadi kamu harus mengikuti perkembangan kurs mata uang yang berlaku agar tidak salah hitung.

3. Mengisi Formulir Visa Belanda

Setelah melakukan pembayaran, barulah kamu bisa memulai untuk melakukan pengisian formulir. Sewaktu membuat janji, nantinya kamu akan menerima email yang berisi konfirmasi tentang janji pembuatan dan juga form yang nantinya akan kamu isi. Form tersebut bisa kamu tulis dengan menggunakan tangan ataupun kamu ketik dan print. Untuk foto kamu tak perlu menempelnya, dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di halaman form 2 dan 3.

Syarat Pembuatan Visa Belanda

4. Asuransi Perjalanan

Kamu juga perlu untuk memberikan bukti berupa asuransi perjalanan yang berlaku untuk seluruh periode perjalanan di wilayah Schengen yakni dengan minimal biaya pertanggungan sebesar 30 ribu euro yang termasuk pengobatan dan biaya repatriasi. Kamu juga harus menyertakan copy polis dan memperlihatkan polis asli sebagai syarat pembuatan visa Belanda.

5. Bukti Keuangan

Bagi kamu yang membayar visa dengan menggunakan biaya sendiri, maka kamu minimal diwajibkan untuk mempunyai minimal 34 euro per hari. Kamu bisa memperlihatkan bukti berupa fotokopi buku tabungan dari tiga bulan yang lalu ataupun membawa slip gaji sebagai bukti. Jika dibiayai oleh sponsor Belanda, maka mereka diharuskan untuk memiliki minimum penghasilan dan berlaku selama 12 ke depan.

6. Reservasi Penerbangan Dan Bukti Booking Hotel

Anda tidak pelu membeli tiket terlebih dahulu, akan tetapi anda cukup dengan menunjukkan booking dan lampiran reservasi penerbangan tersebut. Sehingga tanggal keberangkatan dan pulangnya telah terlihat jelas. Selain itu, untuk hotel pun kamu juga bisa melampirkan bukti reservasi dimana kamu akan menginap nantinya.

7. Surat Keterangan Bekerja Atau Surat Undangan Dari Sponsor

Syarat pembuatan visa Belanda selanjutnya adalah dengan melampirkan bahwa anda benar-benar bekerja di Indonesia ataupun masih berstatus mahasiswa di Indonesia. Sehingga hal ini akan menjadi bukti jika kamu tidakakan menjadi TKW dan akan pulang ke Indonesia. Selain itu, jika kamu mendapat undangan sponsor dari Belanda, maka kamu pun bisa menunjukkan bukti tersebut.

Dengan memenuhi syarat dan kelengkapan untuk membuat visa Belanda ini tentunya kamu bisa melengkapi persayaratan tersebut ketika di rumah. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan kamu untuk mengurusnya ketika telah berada di kedutaan. Sehingga kamu tidak perlu bolak-balik karena masih terdapat dokumen yang tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *