Sudah Tau Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2020 ? Simak Disini

Tidak terasa tahun 2019 ini sudah hampir menjelang akhir masanya. Untuk menyambut tahun depan, nampaknya pemerintah telah menyiapkan kalender 2020. Penjadwalan mulai dari libur nasional dan cuti bersama 2020, telah dibuat sedemikian mungkin. Menurut dari beberapa sumber yang didapatkan, total keseluruhan untuk libur nasional sebanyak 16 hari, sedangkan cuti bersama sebanyak 4 hari. Ingin mengetahui lebih lanjut ? Simak ulasan berikut.

Proses Pembentukan Dan Jadwal Libur Bersama

1. Hasil Dari Rapat Pembentukan Kalender 2020

Tampaknya, hasil dari Rapat Tingkat Menteri yang telah disepakati oleh beberapa menteri terkait mengatakan, kalender 2020 sudah ditetapkan. Sebelum menghasilkan kesepakatan tersebut, berbagai pertimbangan perlu dilakukan pemerintah bersama dengan beberapa pihak terkait dengan didasarkan pada peraturan pemerintah No. 24 tahun 1976, mengenai cuti pegawai negara sipil.

Tidak hanya itu saja, keputusan tersebut berdasarkan dari peraturan pemerintah no. 11 tahun 2017 mengenai manajemen pegawai sipil negara. Kemudian dilanjutkan berdasarkan Keputusan Presiden no. 3 tahun 1983, yang berisikan perubahan atas Kepres 251/1967, yang membahas tentang libur nasional dan cuti bersama 2020. Kemudian kesepakatan juga didasari dari Peraturan Presiden No. 7 tahun 2015, mengenai Organisasi Kementrian Negara.

Jika dilihat dari daftar pedoman yang ada, daftar cuti dan hari libur nasional tidak dilakukan sembarangan. Setelah melakukan rapat tersebut, terciptalah sebuah kalender 2020. Kalender hasil rapat tersebut, kemudian diresmikan dan telah ditandatangani oleh SKB (surat keputusan bersama), mengenai hari libur nasional dan cuti bersama di tahun 2020.

Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2020

2. Beberapa Tanggal Merah yang Ditunggu

Hampir seluruh masyarakat sangat menyukai kalender yang memiliki warna berbeda, yaitu tanggal merah. Terutama bagi anda sebagai pecinta liburan, keberadaan tanggal merah menjadi kebahagiaan tersendiri. Berita yang akan membuat anda semakin senang adalah, tanggal merah yang ditetapkan jatuh pada hari kerja. Mendengar hal tersebut, masyarakat tentu sangat menyukainya dan bersiap mengisi hari libur tersebut dengan beberapa rencana.

Pada bulan januari, ada 2 hari libur yang diberikan. Yang pertama jatuh pada tanggal 1 Januari, yaitu untuk memperingati tahun baru 2020 Masehi. Yang kedua jatuh pada tanggal 25 Januari, untuk memperingati Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili. Sedangkan untuk bulan Februari, tidak ada libur nasional dan cuti bersama 2020 kecuali hari minggu. Pada bulan selanjutnya, ada 2 kali jatah libur yang diberikan, yaitu jatuh pada tanggal 22 Maret dan 35 Maret.

Tanggal 22 Maret untuk memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, sedangkan tanggal 25 Maret memperingati hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Pada tanggal 10 April, akan ada libur untuk memperingati wafatnyaIsa Al Masih. Sedangkan pada bulan ke 5, akan ada 6 hari libur. Pada tanggal 1 Mei memperingati Hari Buruh Internasional, tanggal 7 Mei memperingati Hari Raya Waisak 2564, 21 Mei memperingati kenaikan Isa Al Masih.

Pada tanggal 22 Mei, akan memperingati cuti bersama lebaran, sedangkan pada tanggal 24 hingga 25 Mei, akan memperingati Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Kemudian pada tanggal 26 hingga 27 Mei, akan diadakan cuti bersama lebaran. Sedangkan pada tanggal 1 Juni, akan diperingati hari lahirnya pancasila. Kemudian pada bulan selanjutnya, lebih tepatnya tanggal 31 Juli akan ada libur nasional dan cuti bersama 2020 untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 hijriyah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tanggal berapa saja yang ditandai sebagai hari cuti libur nasional, anda bisa mendapatkan kalendernya di akhir tahun atau di awal tahun nanti. Dengan mengetahui jadwal libur sejak dini, anda bisa membuat rencana jauh hari dan menyiapkan dana untuk kegiatan berlibur. Menyambut tahun baru dengan semangat baru, bisa menjadi penyemangat untuk melangkah di hari yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *