Tak Bisa Belajar di Sekolah, Berikut 5 Tips Agar Anak Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi

Pandemi Virus Corona masih terus berlanjut, pemerintah pun menganjurkan setiap masyarakat untuk menerapkan social distancing. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid 19. Alhasil, anak-anak pun tidak dapat bermain di luar rumah maupun pergi ke sekolah. Hal itu menyebabkan banyak anak yang mengeluh bosan lantaran selama berbulan-bulan berada di rumah. Untuk mengusir kejenuhan tersebut, yuk simak tips berikut.

Tips Menyenangkan Selama di Rumah

1. Memasak bersama dan Mencoba Resep Baru

Momen stay at home dapat anda manfaatkan untuk memasak bersama dengan anak. Anda atau si kecil dapat memilih resep makanan kesukaan dengan bahan yang sederhana serta mudah dibuat. Memasak dan mencoba berbagai resep makanan baru tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga dapat membuatnya bisa belajar banyak hal. Hal ini juga dapat membuat anda dan si kecil semakin akrab.

bosan sekolah di rumah mengajari anak memasak

2. Menonton Film Favorit

Mengajak si kecil menonton film kesukaannya juga dapat menjadi solusi menarik agar anak tidak bosan selama di rumah. Sembari menemani anak menonton film, anda dapat mengajarinya hal-hal positif yang bisa dipetik dari film tersebut. Maka pastikan anda memilih film-film yang menarik dan mendidik untuk anak. Dari sana, daya pikir anak pun dapat berkembang dengan baik.

3. Berkebun

Area pekarangan rumah dapat anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas berkebun bersama anak. Jika di rumah tidak memiliki pekarangan, maka anda bisa mengajak buah hati untuk menanam tanaman di pot. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang mengasyikkan dan sangat positif untuk si kecil. Dengan berkebun, anak anda dapat belajar mengenai tanggung jawab dan mencintai lingkungan. Selain itu, rumah pun menjadi lebih asri dengan adanya tanaman.

4. Berkreasi Melalui Seni

Kegiatan berikutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa bosan si kecil selama di rumah, yakni dengan mengajak anak berkreasi melalui seni. Seperti menggambar dan mewarnai bersama, bisa menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan untuk mengusir kejenuhan saat anak tidak dapat pergi ke sekolah. Selain mengajarinya untuk berkreasi dengan bentuk dan warna, menggambar juga dapat melatih daya imajinasi si kecil.

bosan sekolah di rumah seni

Berkreasi dalam seni tidak hanya dapat dilakukan dengan menggambar dan mewarnai saja, anda juga dapat mengajak si kecil bermain musik, bernyanyi, atau menari bersama. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar yang dimiliki si kecil. Di samping itu, ketertarikan anak pun juga bisa tumbuh saat ia melakukannya bersama dengan anda. Anda pun dapat mengetahui dan mengasah bakat yang dimiliki si kecil sejak dini.

5. Berolahraga Sembari Berjemur

Selama di rumah, biasanya anak akan bermalas-malasan. Alangkah baiknya apabila anda tetap memantau si kecil agar tetap aktif bergerak agar tubuhnya sehat serta terhindar dari obesitas. Anda apat mengajak anak untuk rutin berolahraga sembari berjemur selama kurang lebih 15 hingga 30 menit. Hal ini baik untuk dilakukan agar memperkuat tulang serta daya tahan tubuh si kecil. Selain itu, anak pun jadi punya kegiatan yang bisa dilakukan agar tidak bosan.

Itulah beberapa kegiatan atau aktivitas yang bisa anda lakukan bersama anak untuk menghilangkan jenuh saat berada di rumah. Namun, tetap terapkan tindakan pencegahan Virus Corona selama melakukan aktivitas tersebut. Seperti selalu mencuci tangan dengan bersih setiap akan memulai dan seusai melakukan aktivitas. Sebaiknya, anda juga memberi penjelasan kepada anak agar ia mengerti alasan mengapa tidak diperkenankan ke luar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *