Untung Atau Rugi Menggunakan Omni Channel Retailing

Saat ini, membeli produk yang anda inginkan di era digital sangatlah mudah. Anda bisa membeli produk yang anda ingnkan dengan hanya melihat iklan di sebuah website. Kemudian anda bisa mulai untuk mengunjungi situsnya dan tidak berapa lama anda bisa membeli dan barang telah sampai di rumah. Dalam pemasaran, istilah tersebut dapt dikatakan sebagai omni channel retailing. Untuk lebih jelasnya, ketahui untung dan rugi dari omni channel ini.

Keuntungan Menggunakan Omni Channel

Omni channel marketing sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk pendekatan pemasaran yang melibatkan banyak saluran. Sehingga nan akan menciptakan pengalaman pelanggan secara efektif dan juga konsisten. Tentunya hal ini merupakan suatu bentuk kemudahan bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan penjulannya melalui media sosial ataupun digital marketing lainnya.

Selain itu, dengan adanya omni channel retailing ini akan membantu perusahaan and auntuk lebih memfokuskan bisnis yang ingin anda jalankan. Tak hanya itu, dengan adanya onmi channel ini akan memberikan pengalaman yang konsisten keadan pelanggan. Hal tersebut berguna untuk menarik pelanggan dan mempertahankannya. Sehingga nantinya akan dapat mendorong penjualan produk perusahaan yang lebih besar.

Untuk perusahaan, keberadaan omni channel dapat berfungsi sebagai bentuk untuk mengumpulkan informasi terkait pelanggan yang bertujuan untuk menciptakan strategi marketing yang lebih terarah. Selain itu juga dapt berfungi untuk meningkatkan poduktivitas, penjualan yang lebih besar, serta dapat menghasilkan profit yang lebih tinggi juga tentunya.

Omni Channel Retailing vs Multi Channel

Tak hanya itu saja, keuntungan menggunakan omni channel adalah dapat meningkatkan persepsi dan kepuasan pelanggan. Serta memberikan kemudahan bagi pelanggan karena pelanggan dapat menggunakan satu identitas saja untuk berbagai channel. Serta, sebagai pelanggan, anda juga bisa mendapatkan harga dan promosi ang sangat transparan dan diketahui oleh pelanggan. Tentunya hal ini akan membuat pelanggan semakin merasa diuntungkan.

Kerugian Menggunakan Omni Channel

Selain berbagai macam keuntungan yang didapat saat menggunakan omni channel retailing, pelanggan pun juga harus mempersiakan adanya kerugia menggunakan strategi pemasaran ini. Kerugian pertama yang mungkin akna terjadi adalah mengenai masalah keamanan. Dengan hanya menggunakan satu identitas saja di berbagai bentuk saluran, maka tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada keamanan identitas anda. sehingga anda juga perlu berhati-hati ketika akan membeli.

Pasalnya, jika akun anda terkena retas atau hack maka otmatis akun anda di saluran lain juga akan ikut terkena dampaknya. Untuk itulah, meskipun hal ini memudahkan anda dalam berbelanja online, tentu saja anda juga perlu memperhatikan masalah keamanan identitas anda tersebut. Selain itu, bagi anda yang telah terbiasa berbelanja dalam bentuk offline maka pengalaman berbelanja menggunakan omni channel bukanlah hal yang anda inginkan.

Dengan melihat dan menyentuh produ secara langsung, beberapa pelanggan akan lebih yakin untuk membeli barang tersebut. Nah, hal inilah yang tidak bisa anda temukan dalam omni channel retailing. Karena konsep dari omni channel sendiri adalah berbasis online dan digital sehingga pelanggan yang telah terbiasa belanja dengan menyentuh dan melihat barang belanjaan, akan merasa kurang puas dengan adanya sistem ini.

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian dari penggunaan omni channel tersebut, maa anda bisa menentukan untuk menggunakanny atau tidak. Tentu saja dengan kehadiran omni channel di dunia digital ini akan membuat perusahaan atau toko online anda akan semakin dipermudah dalam memproses pesanan. Sehigga pemesanan akan menjadi lebih teratur dan rapi serta tidak akan ada yang terlewat atau double proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *