Wajib Tahu! Berikut Gejala Virus Corona Yang Bisa Terjadi

Penyakit yang terjadi karena virus corona semakin meningkat setiap harinya. Bahkan, kondisi virus yang tak terlihat ini seringkali membuat seseorang merasa khawatir ketika berinteraksi dengan orang lain. Namun, kondisi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi membuat anda harus mengambil risiko dengan memperhatikan gejala virus corona jika diderita oleh orang di sekitar anda.
Yuk Simak Gejala Yang Ditimbulkan Oleh Virus Corona
1. Mengidap Flu Berat
Seseorang biasanya akan mudah mengidap flu karena berbagai kondisi. Hal ini bahkan bisa diderita oleh siapa saja karena kondisi tubuh yang lemah dan alergi terhadap debu maupun cuaca. Menghadapi kondisi tersebut, anda pasti bingung untuk membedakan antara flu yang disebabkan oleh penderita corona maupun tidak.
Seseorang yang terinfeksi virus ini biasanya ditandai dengan flu berat dan parah. Bahkan, seseorang yang menderita penyakit ini biasanya dibarengi dengan kondisi tubuh yang panas atau demam akibat fungsi daya tahan tubuh menurun. Selain itu, flu berat ini juga bisa ditandai dengan berbagai gejala yang lain, seperti muntah, demam, sakit kepala. Kelelahan hingga sesak nafas.
2. Merasa Tidak Enak Bernafas
Virus yang menyerang saluran pernafasan ini dapat menyerang seseorang secara bertahap. Virus yang telah masuk ke dalam tubuh bahkan dapat berkembang dengan waktu yang cepat. Virus ini bahkan dapat dengan mudah bergerak ke seluruh tubuh, untuk menginfeksi berbagai sel sel yang mampu dijangkau oleh virus tersebut.
Virus yang mudah masuk ke saluran pernafasan ini akan menimbulkan berbagai masalah pernafasan. Salah satunya adalah membuat tenggorokan menjadi bengkak. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa sakit tenggorokan maupun batuk kering. Bahkan, virus yang sudah menginfeksi paru-paru juga membuat penderita tidak enak bernafas.
3. Gangguan Indra Penciuman Dan Perasa
Virus corona yang menginfeksi saluran pernafasan bisa menimbulkan masalah seperti gangguan penciuman dan perasa. Sayangnya, gejala ini pada dasarnya tidak dirasakan oleh semua penderita. Meski demikian, kondisi ini dapat dijadikan pembeda antara penderita corona maupun seseorang yang terinfeksi flu biasa.
4. Terkadang Merasa Sesak
Gejala virus corona seperti sesak nafas dapat dialami oleh beberapa orang yang sudah mulai terinfeksi secara akut. Penyebaran virus ini masuk melalui saluran pernafasan hingga merambat ke pangkal organ paru paru. Tentunya, virus yang sudah berhasil masuk ke dalam organ tersebut akan merusak jaringan jaringan di dalamnya.
Dalam hal ini, peru-paru yang sudah dirusak ini akan membengkak. Akibatnya, paru-paru akan kesulitan untuk memasok oksigen dan hanya terisi dengan sel yang mati akibat virus corona. Oleh sebab itu, seseorang yang menderita penyakit ini dapat merasakan sesak nafas. Beberapa kasus yang lain bahkan bisa mengalami kesulitan pernafasan akut dan berujung kematian.
5. Kelelahan
Kelelahan dapat terjadi kepada siapa saja setelah melakukan olahraga maupun aktivitas berat. Tetapi, virus corona ini bisa menyebabkan kelelahan meskipun anda tidak melakukan berbagai kegiatan apapun. Virus yang mengandung banyak protein ini juga bisa menempel ke membran sel dan menginfeksi tubuh manusia.
Tentunya, kondisi tersebut dapat membuat sel tubuh tidak berkembang. Namun sebaliknya, sel yang telah diinfeksi akan memperbanyak virus dan membuat sistem tubuh menjadi menurun. Akibatnya, tubuh akan mudah merasakan lelah dan terserang penyakit. Sayangnya, penyakit ini tidak selalu menimbulkan kerusakan yang sama pada setiap orang.
Itulah beberapa gejala yang dapat terjadi karena infeksi virus corona. Meski demikian, seseorang yang terinfeksi virus ini tidak selalu menimbulkan gejala yang sama. Beberapa orang bahkan bisa bertahan dengan kondisi tubuh yang baik, tetapi bisa menularkan virus. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol adalah hal yang bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *