Yuk Cari Tahu Cara Cepat Mengatasi Penyakit Anemia

Kurangnya kadar zat besi dalam darah akan menimbulkan gejala jantung berdebar dan tidak beraturan. Kekurangan zat besi dalam darah ini juga akan menyebabkan anda cepat kelelahan, pusing bahkan kram kaki. Penting bagi anda untuk tahu cara penanganan yang cepat untuk sakit anemia atau kekurangan zat besi ini. Untuk itu mari simak informasi mengenai cara mengatasi penyakit kurang zat besi berikut.

Cara Mudah Untuk Mengatasi Penyakit Kurang Darah Merah

1 Mengkonsumsi Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C baik dalam bentuk suplemen atau makanan sehat ternyata bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi kekurangan zat besi dalam tubuh. Vitamn C dapat meningkatkan penyerapan zat besi untuk membantu mengatasi ubuh memproduksi hemoglobin. Namun sebelum anda mengkonsumsi makanan atau suplemen vitamin C ada baiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Mengkonsumsi Vitamin B12

Selain disebabkan karena kekurangan zat besi, penyakit ini juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B12 atau minum pil asam folat. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 yang terkandung dalam daging sapi, susu, telur, dan ikan. Sementara untuk makanan yang mengandung asam folat anda bisa mengkonsumsi makanan sayuran, kacang kacangan, alpukat, papaya, pisang dan kiwi.

3. Mengkonsumsi Suplemen Penambah Zat Besi

Penyakit anemia memang salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi suplemen penambah zat besi. Suplemen ini alangkah lebih baiknya jika dikonsumsi satu jam sebelum makan agar terserap dengan baik di dalam tubuh. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengkonsumsi supermen zat besi untuk tubuh ini.

ini Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia

4. Cokelat

Makanan manis yang disukai semua orang ini bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi penyakit kurang darah. Anda bisa mengkonsumsi coklat biasa atau dark coklat untuk menambah zat besi. Sebuah peelitian menunjukkan jika coklat mengandung lebih banyak antioksidan di dalam coklat daripada buah buahan berry. Sebaiknya anda mulai mengkosomsi biji coklat dengan kandungan minimal 70%.

5. Konsumsi Probiotik

Secara tidak langsung pribiotik akan mampu membantu untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Tak hanya itu probiotik juga dapat membantu untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Usus yang sehat akan dapat bekerja secara efektif dan efesien untuk menyerap beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kadar zat besi dan vitamin B dalam darah akan meningkat jika rutin untuk mengkonsumsi suplemen probiotik.

6. Konsumsi Tahu

Makanan yang mudah ditemukan ini ternyata bisa membantu untuk meningkatkan zat besi. Hal ini karena tahu terbuat dari kedelai yang tinggi zat besi dan diperkaya dengan mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan selenium yang dapat mengatasi sakit kurang darah. Selain itu tahu juga mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan resiko jantung dan meringankan gejala monopause.

7. Olahraga Teratur

Melakukan olahrga teratur akan sangat baik untuk kesehatan, apalagi untuk anda yang memiliki penyalit kurang darah. Saat melakukan olahraga, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga akan memberikan sinyal pada otak untuk memproduksi sel darah merah. Oleh karenanya cobalah untuk melakukan olahraga ringan secara teratur untuk membantu memproduksi sel darah merah.

Itulah beberapa cara tepat untuk mengatasi sakit kekurangan darah merah. Penyakit ekurangan darah merah tidak bisa untuk disepelekan karena akan menganggu beragam aktivitas anda. Sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dan zat besi yang tinggi untuk membantu sel darah merah dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *