Yuk Cari Tahu Omni Channel Retailing

Dengan seiring berkembangnya jaman, masyarakat pun semakin dimdahkan dengan adanya teknologi. Hal tersebt terlihat dari bagaimana anda berbelanja yang sekarang bisa dilakukan dengan hanya bermodal ponsel, social media, mobile app dan internet saja. tentunya hal tersebut akan memberikan kemudahan. Untuk itu, muncullah istilah omni channel retailing yang untuk lebih jelasnya, anda bisa dengan menyimak ulasan berikut ini.

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Omni Channel

Menurut Muliadi dari PT. Inovasi Informasi Indonesia mengatakan bahwa omni channel merupakan sebuah model bisnis lintas channel yang mempunyai tujuan untuk mengutamakan pengalaman pelanggan. Dengan begitu, perusahaan yang pelanggannya menjalankan sistem omni channel akan dapat berbelanja lebih mudah. Hal terebut dikarenakan pelanggan dapat menggunakan berbagai channel, baik secara online ataupun toko fisik.

Dengan begitu, omni channel retailing adalah suatu kombinasi dari banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk berbelanja. Akan tetapi, omni channel tetap saja akan memberikan brand feeling atau akan tetap memberikan produk yang sama. Meskipun anda membelinya dengan cara yang berbeda yakni baik melalui digital channel seperti webstore, smartphone, televisi, social media ataupun melalui toko fisik.

Cara Konsumen Modern Belanja

Dengan semakin meningkatnya konsumen yang menggunakan berbelanja dengan cara modern, tentu saja akan membuat konsumen ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan mudah. Tentu saja hal ini terlihat dari perilaku berbelanja konsumen modern yang mengalami perkembangan dari tahu ke tahun dan akan semakin berkembang lagi di tahun berikutnya.

omni channel retailing

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa dua petiga pembeli adalah termasuk kategori omni channel retailing. Maka dari itu, dapat diartikan bahwa konsumen atau pembeli memiliki keterlibatan dalam berbagai saluran dalam siklus pembelian yang meliputi mencari, membeli dan melakukan pembelian secara berulang. Tentu saja dengan fenomena tersebut akan diketahui bahwa semakin kesini konsumen akan semakin banyak berbelanja di berbagai saluran.

Untuk itu, para penjual di bidang online akan semakin memprioitaskan peningkatan omni channel dan akan menjadikannya sebagai fokus utama. Karena iu, ketika perilaku konsumen telah mengalami pergeseran, maka bagi perusahaan bisnis akan sangat penting untu bisa beradaptasi. Hal ini terjadi karena bertujuan agar dapat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan mereka.

Strategi yang Dilakukan Omni Channel

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan omni channel dalam melakukan strategi yang sempurna. Hal terbut dapat dilakukan dengan cara mencai tahu platform apa saja yang digunakan oleh pelanggan. Serta media sosial dan perangkat apa pula yang digunakan. Tentu saja, di dalamnya aka termasuk tentang dimana pelanggan suka berbelanja dan mencari produk anda melalui situs apa.

Dengan strategi omni channel retailing ini, tentu saja anda akan lebih menghemat anggaran yang digunakan karena anda telah melakukan analisis dan riset terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan mengetahui saluran apa yang banyak digunakan dan melihatnya dalam laporan Google Analytics. Dari situ, anda bisa mengetahui bagaimana pelanggan menemukan toko online anda. sehingga strategi ini mampu memudahan anda kedepannya.

Dengan menerapkan langkah yang dilakukan untuk strategi omni channel ini, anda akan bisa mengetahu berbagai manfaat menjual barang anda di berbagai macam saluran. Dengan menjalankan strategi ini, anda juga perlu untuk mencantumkan customer service. Hal ini bertujuan agar jika terdapa konsumen yang tertarik untuk mmebeli produk yang anda tawarkan di salran tersebut, pelanggan akan bisa lebih mdah untuk menghubungi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *