Yuk Cari Tahu Segudang Rahasia Marketing Komunikasi Disini!

Salah satu profesi di bidang marketing yang menjadi pilar perusahaan, adalah public relation atau marketing communication (marcom). Keduanya merupakan kunci dari kelangsungan sebuah bisnis, sehingga tak heran jika profesi ini dianggap bergengsi dan banyak diincar generasi muda millenial. Bagaimana sebenarnya tugas staf marketing ini? Dan apa saja skill yang dibutuhkan marketing komunikasi? Yuk intip rahasia peran PR dan marcom disini!

Peran Penting dan Skill Yang Harus Dimiliki Marketing Communication

1. Menjalin hubungan baik dengan calon klien dan koneksi bisnis

Tidak semua orang memiiki kemampuan yang baik dalam berinteraksi dengan orang orang di sekitar mereka. Seorang business leader, pengusaha, dan seluruh tim marketing dituntut mampu menjalin dan menjaga hubungan yang baik, dengan target konsumen atau instansi tertentu.Orang orang yang anda kenal sebagai koneksi atau rekan bisnis ini, bisa menjadi klien potensial bagi produk anda.

Yuk Cari Tahu Segudang Rahasia Marketing Komunikasi Disini

Kumpulkan database kontak atau email calon klien yang menjadi target, kemudian lakukan pemasaran secara langsung dengan menelepon atau menemui koneksi bisnis anda. Kepercayaan yang telah dibangun dari hubungan baik ini, membuat calon klienmerekomendasikan produk anda ke orang orang di sekitarnya. Dengan demikian, anda memiliki kesempatan yang besar untuk membawa bisnis anda ke pasar yang lebih luas dan menarik banyak pelanggan.

2. Melakukan negoisasi secara langsung dengan klien

Salah satu tugas marketing komunikasi yang juga menjadi kelebihan strategi pemasaran ini, adalah kemampuan bernegoisasi langsung dengan calon klien potensial. Negoisasi secara langsung memberi anda kesempatan, untuk bisa lebih mudah melakukan pendekatan dengan konsumen sehingga lebih leluasa menjelaskan detil produk yang anda tawarkan. Skill komunikasi yang lihai dan hubungan kedekatan markom dengan konsumen, menjadi poin unggulan teknik direct marketng ini.

Namun anda tak perlu khawatir jika belum mengantongi kepercayaan diri yang tinggi, dalam melakukan tugas dan peranan marketing communication. Perusahaan perusahaan besar biasanya akan memberikan pelatihan atau training khusus, untuk staf dan tim marketing. Training ini bertujuan agar orang orang kepercayaanyang ditunjuk untuk melakukan tatap muka dengan klien,benar benar memahami detil product knowledge sehingga berhasil mencapai closing yang diharapkan perusahaan.

3. Mempromosikan produk melalui platform yang akrab dengan klien

Seorang marketing communication yang handal tidak hanya harus mempunyai skill presentasi yang mumpuni di hadapan klien, namun juga tidak pernah ketinggalan mengikuti selera dan trend pasar yang berubah ubah seiring perkembangan jaman. Untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan menciptakan efek promosi yang optimal di era serba digital ini, marketing communication harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi secara maksimal.

Yuk Cari Tahu Segudang Rahasia Marketing Komunikasi Disini

Penggunaan media sosial dan platform platform modern di internet ini, juga merupakan bentuk promosi langsung yang menjadi unggulan marketing communication. Kemaslah iklan produk semenarik mungkin dengan desain grafis yang eye catching, sebagai konten promosi melalui Instagram atau Facebook. Sebaiknya gunakan format yang simpel, sehingga pengguna internet bisa dengan mudah membagikan iklan produk anda di berbagai jenis platform sosial yang digunakannya.

Segudang pekerjaan di bidang marketing yang sering kali dianggap menyeramkan dan penuh tantangan ini, tidak lagi terasa sulit dilakukan jika anda memahami trik dan strategi komunikasi yang tepat untuk menyasar target klien. Terlebih jika anda merupakan tipe orang yang pantang menyerah, percaya diri, bermental baja, dan sekaligus mudah beradaptasi dengan bermacam macam karakter orang. Tertarik menjadi seorang marketing communication?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *