Yuk Intip 5 Cara yang Dapat Diterapkan Orang Tua untuk Mencegah Virus Corona di Rumah

Masyarakat semakin dibuat resah oleh penyebaran Covid 19 yang seperti tidak ada habisnya. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengimbau agar masyarakat tidak menganggap remeh virus satu ini. Dan senantiasa terus melakukan tindakan pencegahan. Hal ini pasti membuat orang tua khawatir, bagaimana cara mencegah keluarga agar terhindar dari Virus Corona? Yuk simak beberapa cara yang bisa anda terapkan berikut.

Tips Menangkal Virus Corona

1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Semua macam virus, termasuk juga dengan Virus Corona akan sulit masuk ke dalam tubuh yang memiliki daya tahan kuat. Untuk meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh keluarga di rumah, disarankan untuk mengonsumsi berbagai sumber makanan yang sehat. Seperti buah, sayur, makanan berprotein tinggi, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara perbanyak minum air putih.

Orang Tua untuk Mencegah Virus

WHO juga menyarankan untuk menjaga keamanan sumber makanan dengan mencuci terlebih dahulu bahan mentah yang akan dimasak. Selain itu, anda sebaiknya menggunakan pisau dan telanan yang berbeda untuk daging dan bahan makanan yang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri dan kuman yang dapat menempel pada pisau atau talenan. Kemudian masak makanan sampai matang agar aman untuk dikonsumsi semua anggota keluarga.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Menjaga kebersihan rumah juga amat penting untuk dilakukan, tidak hanya saat masa pandemi saja, melainkan pada setiap kesempatan. Hal ini dapat anda lakukan mulai dari memerhatikan peralatan makan dan minum agar terjaga kebersihannya. Pastikan anda membersihkan setiap ruangan di rumah secara rutin, dan udara serta cahaya matahari dapat masuk melalui ventilasi. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk karena dapat menjadi sarang penyakit.

3. Menyediakan Peralatan Kesehatan dan Alat Kebersihan

Selain kotak P3K yang berisi obat batuk, flu, demam, serta alkohol, alat-alat kebersihan juga wajib dimiliki oleh setiap rumah untuk mencegah Virus Corona. Peralatan kebersihan tersebut seperti sarung tangan latex, masker, sabun, tissue, serta handuk bersih. Jika tidak tersedia air dan sabun cuci tangan, maka anda dapat menyediakan pembersih tangan berbasis alkohol atau handsanitizer yang memiliki kandungan minimal 60% alkohol.

4. Memberikan Edukasi Mengenai Tindakan yang Perlu Dilakukan

Sebagai orang tua, sepatutnya anda memberikan informasi yang akurat dan tidak membuat cemas anggota keluarga. Apalagi sampai menyebabkan anak takut dan panik berlebihan. Salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah mengedukasi anak mengenai prosedur kesehatan yang perlu dilakukan. Seperti menghindari berinteraksi dengan orang yang sedang pilek atau batuk. Mau menggunakan masker ketika diajak ke luar rumah, dan lain sebagainya.

Orang Tua untuk Mencegah virus corona atau Covid 19

5. Cuci Tangan Sebagai Rutinitas

Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang di gadang-gadang mudah dan efektif dalam mencegah penyebaran virus. Cuci tangan penting dilakukan saat akan melakukan aktivitas apapun, karena tangan adalah salah satu anggota tubuh yang sangat rentan dalam mengantarkan kuman dan bakteri. Biasakan cuci tangan dengan air mengalir dan gunakan sabun secara rutin setidaknya 20 hingga 30 detik. Dan jadikan hal tersebut sebagai rutinitas sehari-hari.

Itulah beberapa cara yang dapat anda serta seluruh anggota keluarga terapkan untuk mencegah penyebaran Covid 19. Selain itu, tetap ikuti prosedur kesehatan yang telah disarankan oleh pemerintah. Seperti tetap memakai masker dan membawa hadsanitizer saat bepergian dan beraktivitas di luar rumah. Namun, jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya anda dan keluarga tetap berdiam diri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *