Yuk Intip Pinjaman Online Syariah yang Sudah Terdaftar OJK

Saat ini banyak perusahaan fintech yang mulai bermunculan. Namun, kebanyakan pinjaman online menerapkan sistem bunga sehingga dinilai riba. Karena mayoritas penduduk Indonesia muslim, maka mereka membutuhkan pinjaman syariah yang terhindar dari unsur riba. OJK merupakan lembaga yang bertugas menilai perusahaan tersebut tergolong konvensional atau syariah. Berikut ini pinjaman online syariah yang sudah terdaftar OJK.

Daftar Pinjaman Online Berbasis Syariah yang Sudah Terdaftar OJK

1. Ammanna

Pinjaman online yang menghubungkan antara pemberi dana dengan orang yang meminjam. Fintek ini lebih memfokuskan pada UMKM yang membutuhkan uang sebagai modal usahha. Namun, pelaku UMKM wajib terdaftar sebagai mitra dari keuangan syariah mikro yang ada di Ammana. Sistem peminjaman yang diterapkan yaitu adanya bagi hasil dari keuntungan pendanaan produktif antara pemberi dana dan mitra lembaga keuangan mikro syariah Ammana.

2. Dana Syariah

Fintek ini menawarkan pinjaman syariah secara online kepada pemilik usaha maupun perorangan. Sistem yang diterapkan yaitu adanya keuntungan yang diperoleh pemberi dana dan manfaat yang didapatkan oleh peminjam dengan prinsip yang sesuai syariat dan terhindar dari keharaman. Beberapa proyek yang didanai oleh Dana Syariah antara lain, pembelian lahan, pembiayaan prasarana, pembiayaan unit terjual dan jual beli rumah dan sewa dan jual.

Yuk Intip Pinjaman Online Syariah yang Sudah Terdaftar OJK ini

3. Investree

Perusahaan ini merupakan pelopor pinjaman online berbasis syariah di Indonesia. Sebelumnya, fintek ini berkembang melalui pinjaman konvensiolan. Namun seiring dengan kebutuhan warga Indonesia, investree menawarkan pinjaman online berbasis syariah. Produk yang ditawarkan dari fintek ini hanya diperuntukkan bagi pinjaman produktif untuk usaha. Jangka waktu pembayaran maksimal 6 bulan dengan pertimbangan dan analisis dari Investree.

4. Alamisharia

Perusahaan pinjaman online syariah ini sudah terdaftar OJK. Menggunakan jenis pembiayaan invoice financing, perusahaan bertujuan untuk menghubungan UKM dengan pemberi dana dengan sistem syariah. Namun untuk melakukan pinjaman, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peminjam salah satunya yaitu perusahaan harus berbentuk CV, PT, atau yayasan yang kegiatannya tidak bertentangan dengan syariat islam.

Beberapa fitur menarik dari alamisharia antara lain invoice Financing dimana minimal pembiayaan yang dapat diperoleh sebesar Rp. 50 huta hingga Rp 2 milyar. Dengan jangka pembayaran adalah 1 bulan sampai 6 bulan. Namun, calon peminjam harus melampirkan bukti tagihan pekerjaan yang sudah selesai dan dokumen yang menunjukkan bahwa pekerjaan telah selesai agar mendapatkan dana pinjaman.

5. Syarfi

Syarfi merupakan perusahaan P2P yang sudah terdaftar OJK. Pemilik dana yang tergabung tidak hanya berasal dari Indonesia melainkan seluruh dunia. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, perusahaan ini menawarkan peminjaman untuk pribadi. Untuk melakukan pemijaman online di sini, peminjam harus melakukan pendaftaran yang tidak terlalu rumit. Setelah itu, dana pinjaman bisa dicairkan sesuai dengan jenis pembiayaan yang diajukan peminjam.

6. Danakoo

Fintek ini menawarkan pinjaman syariah dan non syariah. Untuk peminjaman syariah, Danakoo menawarkan dua pinjaman yaitu multijasa dan multiguna. Multi jasa diperuntukkan bagi peminjam untuk pembiayaan keperluan umum dengan bagi hasil yang ditetapkan sebesar 1% s/d 5%. Sedangkan untuk pinjaman multiguna, dana yang dipinjamkan ditujukan untuk pembiayaan pembelian barang, rumah maupun kendaraan.

Tujuan dari adanya perusahaan Fintek berbasis syariah adalah memberikan pinjaman secara online dengan tetap menjalankan prinsip syariah sehingga terhindar dari riba. Peminjaman syariah memang menetapkan sistem bagi hasil yang cukup rendah. Meskipun demikian, alangkah baiknya jika kita tetap menghindari peminjaman uang baik secara online maupun offline. Karena kesulitan akan dialami ketika kita tidak mampu membayar uang yang telah dipinjam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *