Yuk Kenali Arti Marketing Berserta Fungsinya

Saat ini marketing menjadi salah satu bidang pekerjaan yang banyak dicari dan diminati oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan dengan semakin canggih teknologi, maka perusahaan dan pebisnis pun juga dituntut untuk dapat melakukan pemasaran yang menarik untuk menarik calon konsumennya. Untuk itu, disini marketing memiliki peranan yang sangat penting. Sebelum lebih jauh membahas tentang seluk-beluk marketing, lebih baik anda ketahui dulu tentang arti marketing. Berikut ulasannya.

Mengenal Apa Itu Marketing

Marketing merupakan suatu rangkaian atau susunan kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan suatu produk, baik berupa barang ataupun jasa. Untuk memasarkan produk tersebut, tentunya dilakukan dengan berbagai cara agar produk tersebut menjadi disukai dan digunakan oleh masyarakat, adapun pengertian marketing lainnya adalah perpaduan dari beberapa aktivitas yang saling terkait.

Yuk Kenali Arti Marketing Berserta Fungsinya itu

Dimana dalam arti marketing tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui hal yang dibutuhkan oleh konsumen atau pasar. Melalui informasi yang disampaikan oleh marketing tersebut, tentu saja perusahaan nantinya akan mampu untuk menciptakan dan mengembangkan suatu produk, hingga harga pelayanan dan juga konsumsi sehingga nantinya kebutuhan pasar tersebut bisa terpenuhi dan perusahaan juga mampu memperoleh keuntungan.

Sehingga bisa dikatakan jika marketing merupakan suatu jembatan atau penghubung antara produsen dan konsumen pada suatu pasar. Hal tersebut dapat pula diartikan bahwa kegiatan marketing bukan hanya sebatas pada kegiatan pemasaran saja, melainkan juga termasuk semua strategi yang nantinya akan memiliki tujuan untuk dapat memberikan kepuasan kepada konsumen atas barang atau jasa yang telah diberikan tersebut. Sehingga hal ini akan dapat menghubungkan antara perusahaan dan konsumen.

Mengenal Fungsi Marketing

Setelah mengetahui arti marketing, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui fungsi dari marketing itu sendiri. Pada dasarnya setiap perusahaan akan mengandalkan marketing dalam upayanya untuk menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi perusahaan tersebut. Untuk itulah, proses marketing pada sebuah bisnis merupakan suatu hal yang sangat krusial dan penting. Sehingga perusahaan pastinya akan membutuhkan marketing untuk memasarkan produknya.

Yuk Kenali Arti Marketing Berserta Fungsinya

Untuk fungsinya sendiri, marketing memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah fungsi pertukaran. Dalam fungsi pertukaran ini, melalui kegiatan marketing maka tentu saja barang menjadi banyak dikenal dan diminati oleh suatu pasar. Dalam fungsi pertukaran ini nantinya pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen akandapat dilakukan dengan menukarkan uang dengan produk yang ditawarkan.

Tak hanya itu saja, fungsi marketing selanjutnya adalah fungsi distribusi publik. Dimana produk yang dihasilkan oleh produsen ini nantinya tidak akan langsung tiba di depan konsumen, melainkan melalui proses distribusi terlebih dahulu. Untuk itu, distribusi fisik melalui berbagai proses ini dilalui mulai dari pengambilan, klasifikasi, penyimpanan, packing bahkan hingga pengiriman ke lokasi yang terdekat dengan konsumen.

Selain itu, fungsi perantara merupakan salah satu fungsi marketing yang perlu untuk anda ketahui setelah anda memahami arti marketing. Kegiatan marketing sendiri juga memiliki fungsi yakni berupa perantara antara produsen dan konsumen. Sehingga dengan adanya fungsi perantara ini akan dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui pencarian informasi, pembiayaan, klsifikasi produk dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, marketing sendiri juga dapat diartikan dan berfungsi sebagai sales yang merupakan suatu aktivitas penjualan produk yang nantinya akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Serta sebagai alat promosi, dimana marketing nantinya akan berfungsi untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak luas dengan memiliki tujuan agar produk atau jasa dari perusahaan tersebut dapat diminati oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *