Yuk Kenali Perbedaan Asuransi Syariah Dan Konvensional

Kian bertambahnya tahun, masyarakat mulai memahami akan pentingnya memiliki asuransi sebagai jaminan bagi kehidupannya. Dengan menyesuaikan dengan kebutuhan, asuransi akan mendatangkan segudang keuntungan bagi para nasabahnya. Namun perlu diketahui bahwa asuransi memiliki dua pilihan, yaitu asuransi berbasis syariah serta konvensional. Agar tidak salah pilih, penting untuk mengetahui perbedaan asuransi syariah dan konvensional.

Mengenal Perbedaan Antara Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

1. Dana Milik Peserta

Tampaknya nasabah yang menggunakan asuransi syariah harus bersenang hati, pasalnya dana sepenuhnya akan menjadi milik peserta. Dengan kata lain, penyedia jasa asuransi hanyala sebagai pihak yang akan mengelola keuangan para pesertanya saja.

Sayangnya hal tersebut tidaklah terjadi bagi nasabah asuransi konvensional, sebab perusahaan miliki wewenang penuh terhadap pengalokasian dana ataupun alokasi investasi milik pesertanya.

2. Dana Hangus

Umumnya dana hangus diterapkan pada beberapa perusahaan asuransi konvensional, dimana pihak nasabahnya tidak melakukan klaim sehingga dana menjadi hangus. Adanya dana hangus inilah yang dianggap merugikan para nasabahnya. Namun kondisi tersebut tidak akan pernah ditemui jika menggunakan asuransi syariah, sehingga dana yang tersimpan dapat diambil meski sebagian kecilnya akan diikhlaskan menjadi dana tabbaru.

perbedaan asuransi syariah dan konvensional ini

Dana hangus juga berlaku ketika nasabah dari asuransi konvensional tidak sanggup membayarkan iuran yang akan diminta setiap bulanya. Uniknya kondisi tersebut tidak akan terjadi ketika menggunakan asuransi syariah, sebab nasabah dengan kondisi keuangan yang tidak stabil dapat menutup akun atau cuti sementara. Ketika penutupan akun dilakukan, maka nasabah akan mendapatkan dana secara utuh sesuai dengan jumlah yang diberikan kepada pihak asuransi.

3. Akad

Perbedaan asuransi syariah dan konvensional berasal dari akad yang diterapkan. Khusus untuk asuransi konvensional, perusahaan akan menerapkan akad bernama tabaduli atau yang berarti akad jual beli. Agar akad tersebut dapat terjadi maka dibutuhkan peran penjual, barang yang akan diperjual belikan, harga, pembeli, dan sighat atau ijab kabul. Jika semua komponen tersebut terpenuhi, maka akad baru dapat dilakukan.

Sangat berbeda dengan asuransi syariah yang menggunakan akad takaful atau lebih dikenal sebagai akad tolong menolong. Uniknya, sesama peserta asuransinya dapat memberikan dana tabbaru atau dana sosial kepada peserta lainnya yang sedang terkena musibah. Tentu saja hal ini dapat menguntungkan berbagai pihak secara bersamaan. Tidak mengherankan jika sebagian masyarakat mulai berpaling menggunakan asuransi berbasis syariah sebagai alternatifnya.

4. Pembayaran Klaim

Perbedaan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional juga terlihat dari pembayaran klaim yang harus dilakukan. Khusus untuk asuransi syariah, pihak perusahaan menerapkan sistem pencairan dana dari tabungan bersama atau disebut sebagai dana sosial yang sudah diikhlaskan oleh para nasabah untuk menolong sesamanya. Tentu saja hal ini akan berbanding terbalik dengan asuransi konvensional yang membandingkan modal dan resiko.

Keuntungan lain ketika menggunakan asuransi syariah yaitu memungkinkan bagi seluruh anggota keluarga intip menggunakan satu polis saja. Ketika menggunakannya, maka konstribusi tabbaru menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan pembayaran premi. Dengan kata lain, anggota keluarga akan mendapatkan perlindungan yang sama melalui satu polis saja. Sedangkan asuransi konvensional menerapkan satu polis untuk satu orang saja.

Meski keduanya sama sama memiliki fungsi untuk memberikan jaminan, nyatanya kedua asuransi tersebut berbeda dalam pengelolaan dananya. Jika ingin menilai asuransi mana yang terbaik, tampaknya anda sendiri yang bisa menenukannya mengingat kebutuhan setiap orang sangatlah berbeda. Yang membuatnya keduanya serupa, yaitu mampu memberikan layanan terbaik bagi masa depan para nasabahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *